Wednesday, July 17, 2013

Mengetahui Arti Tower di Sebuah Bandara

Mungkin kita pernah mendengar orang-orang mengatakan tower di sebuah bandara, namun bagi orang awam tentu belum tahu apa sebenarnya arti tower yang mereka dengar itu. paling anggapan mereka yang dibicarakan adalah tower air ataupun bisa jadi tower pemancar radio operator seluler.

mari kita bahas yang satu ini, kalau anda sedang bepergian keluar kota ataupun keluar negri menggunakan moda transportasi udara yaitu pesawat terbang di suatu bandara. coba sedikit membuka luas penglihatan anda kesuatu tempat dan mendapati sebuah bangunan yang lebih tinggi dari bangunan lainnya, bentuknya seperti es cream cone diatasnya atau sejenis obor dimana bagian paling atas dibuat sekelilingnya menggunakan kaca dengan desain miring keluar. pada malam hari tower yang dilengkapi sebuah lampu sorot ini memancarkan cahayanya dengan berotasi pada tower itu sendiri. mengeluarkan cahaya putih dan pada sudut putaran tertentu cahaya hijau akan terlihat. cahaya ini yang digunakan seorang pilot pesawat terbang untuk menentukan posisinya dari sebuah bandara pada malam hari secara visual.

Bangunan inilah yang ditempati seorang petugas pengatur lalu lintas udara yaitu orang yang bertugas memberikan arahan, informasi atau berkomunikasi kepada pilot dalam melakukan sebuah penerbangan. petugas yang berada paling atas itu disebut petugas Aerodrome Control (ADC) yang mempunyai batasan pengontrolan sejauh mata memandang di area bandara tersebut. desain tower ini memang khusus agar pandangan dari petugas Air Traffic Controller (ATC) ini bisa lebih optimal dan posisi kaca yang dibuat miring bertujuan untuk menghidari silaunya terpaan sinar matahari yang menembus kaca.

 


No comments:

Post a Comment