Monday, July 15, 2013

windsock ?

Bila anda bekerja di suatu Bandar udara tentu tidak asing lagi dengan yang satu ini, mungkin anda tidak sengaja mendengar, melihat ataupun berhadapan langsung dengan alat yang digunakan seorang petugas pengatur lalu lintas udara dan juga pilot pesawat terbang untuk mengetahui arah dan kecepatan angin.

nah...alat ini dinamakan windsock yaitu sebuah benda berbentuk kerucut yang dirancang untuk menunjukkan arah angin dan relatif kecepatan angin. biasanya ditempatkan di samping runway (landasan pacu) di sebuah bandara. warna dari windsock ini biasanya menggunakan warna orange agar dapat terlihat jelas pada sian hari dan menggunakan sebuah tiang.  untuk malam hari biasanya pada tiang atau windcone terdapat lampu sehingga dapat terlihat.

angin yang bertiup akan masuk kedalam lubang kerucut windsock dan mengembangkan kerucut tersebut. semakin kencang angin yang bertiup maka windsock akan relatif horizontal terhadap tiangnya, dan mengarah kebalikan dari arah angin yaitu apabila angin berhembus dari utara maka windsock akan mengarah keselatan.

nah bendanya itu terlihat seperti gambar diatas, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment