Wednesday, June 12, 2013

penjelasan METAR dan SPECI

Metar adalah nama sandi Laporan Cuaca Rutin untuk penerbangan yang dibuat setiap jam atau ½ jam sekali.
Speci adalah nama sandi Laporan Cuaca Khusus Terpilih untuk penerbangan, dan dilaporkan setiap saat
diantara interval waktu pelaporan cuaca rutin, bila terjadi keadaan cuaca dengan kriteria tertentu.

Isi METAR
WIAB : Location Indicator
160300Z : 16 = Tanggal pengamatan
03 = Jam pengamatan
00 = Menit pada jam bersangkutan
AUTO : Jika pengamatan dilakukan secara otomatis tanpa campur tangan manusia.Tidak perlu ditulis bila pengamatan dilakukan secara manual.

20010G30KT : 20010 = 2000 (arah angin ) ; 10 KT (kecepatan angin dalam knot)
                         G30KT = G menandakan adanya angin gusty dengan kecepatan maksimum 30 knot.
030V180        : 030 derajat - 180 derajat
                        apabila terdapat dua variasi angin dengan kecepatan
                        lebih besar dari 3 knot dan perubahan arah angin
                        tersebut 600 atau lebih
VRB03KT     : apabila angin variabel, atau tidak dapat menentukan
                        satu arah angin tertentu dan kecepatan rata – rata
                        kurang dari 03 knot.
00000            : Kecepatan angin kurang dari 1 knot (Calm).
2000SW        : pada arah South West, visibility = 2 km
                       Visibility dilaporkan pada jarak yang terpendek.
9999              : Jika visibility mendatar 10 km atau lebih.
CAVOK        : - Visibility = 10 km atau lebih
                       - Tidak ada awan dibawah 1500 m (5000 feet) dan tidak ada awan Cb.
                       - Tidak ada cuaca bermakna

R12L/2000U: R12L = Runway 120
                             L = Left, apabila terdapat lebih dari satu runwayyang sejajar.
                             R = Right
                             C = Center
2000U = 2 km ;
        U = RVR cenderung bertambah
        D = RVR cenderung berkurang
        N = jika tidak ada perubahan RVR yang bermakna ( sandi ini bisa ditiadakan apabila tendensi perubahan RVR sulit ditentukan )
R03/0500V1000D : - R03 = Runway 030, terdapat perubahan visibility yang significant , dengan variasi
lebih dari 500 m. Dalam hal ini 500m (visibility minimum) dan 1 km (untuk visibility maksimum ).

RA                : cuaca pada saat pengamatan Hujan (sandi = RA)
FEW020CU  : Tutupan awan 1-2 oktas (FEW) dengan ketinggian 2000 feet.
3-4 Oktas disandi SCT (scattered)
5-7 Oktas disandi BKN (broken)
8 Oktas disandi OVC (Overcast)
CU = awan Cumulus
SCT///          : Jika dasar awan dibawah ketinggian (elevasi) stasiun.
VV001         : Jika udara kabur, tetapi informasi vertical visibility dapat diberikan.
Contoh         : VV = 100 m.
VV///            : Jika udara kabur dan

30/25     : Suhu permukaan = 30 derajat dan suhu titik embun = 25 derajat.
Q1010   : Tekanan udara = 1010 mb
RETS     : Pernah terjadi Ts pada periode 1 jam terakhir.
WS RWY12  : Terjadi Wind Shear pada runway 120.
WS ALLRW  : Terdapat windshear diseluruh runway.

TREND FORECAST
• BECMG: Digunakan untuk menjelaskan proses perubahan kondisi meteorologi.
• TEMPO: Digunakan untuk menjelaskan bahwa kondisi meteorologi diduga akan mengalami fluktuasi.
• NOSIG : Jika cuaca diperkirakan tidak mengalami perubahan / fluktuasi yang berarti.

FM0310           : Perubahan atau fluktuasi diperkirakan dimulai pada jam 03.10 UTC
TL0330            : Perubahan atau fluktuasi diperkirakan berakhir pada jam 03.30 UTC
250/10KT         : angin yang terjadi pda perkiraan jam tersebut 250o ; 10 knot.
0500                 : visibility perkiraan 500 m
TS                     : cuaca yang diperkirakan akan terjadi adalah Ts.
SCT015CB       : terdapat awan Cb 3 – 4 Oktas 1500 feet
SKC                 : untuk menunjukkan perkiraan bahwa langit akan menjad cerah.
                           SkyClear (SKC)

2 comments: