Thursday, June 27, 2013

Mengetahui Arti kebisingan dalam kawasan Bandar Udara


Apa Yang Dimaksud dengan Kebisingan?
Bunyi merupakan serangkaian gelombang yang merambat dari suatu sumber getar sebagai akibat perubahan kerapatan dan tekanan udara. bunyi pada daerah kawasan Bandar Udara dikatakan bising apabila mengganggu pembicaraan, membahayakan pendengaran dan mengurangi efektifitas kerja.

Kebisingan adalah terjadinya bunyi yang tidak dikehendaki termasuk bunyi yang tidak beraturan dan bunyi yang dikeluarkan oleh transportasi dan industri, sehingga dalam jangka waktu yang panjang akan dapat mengganggu dan membahayakan konsentrasi kerja, merusak pendengaran (kesehatan) dan mengurangi efektifitas kerja.

Jenis Kebisingan dalam lingkungan kerja dapat dikategorikan menjadi 5 bagian yaitu:
  1. Kebisingan kontinyu dengan spektrum frekuensi yang luas (steady state, wide band noise), misalnya mesin-mesin, kipas angin dan lain-lain.
  2. Kebisingan kontinyu dengan spektrum frekuensi yang sempit (steasy state, narrow band noise), misalnya gergaji sirkuler, katup gas dan lain-lain.
  3. Kebisingan terputus-putus (intermitten), misalnya lalu lintas pesawat terbang di lapangan udara dan lain-lain.
  4. kebisingan impulsif (impact or impulsive noise), misalnya pukulan palu, tembakan bedil atau meriam, ledakan dan lain-lain.
  5. kebisingan impulsif berulang, misalnya mesin tempa di perusahaan.



No comments:

Post a Comment