Friday, May 31, 2013

Materi AFTN Inteligent Teleprinter

      Secara hardware AFTN Intelligent Teleprinter sama seperti suatu computer tetapi teleprinter ini memiliki program AFTN untuk mendukung opersi penyaluran berita penerbangan. Hardware adalah seperangkat alat-alat elektronik yang disusun sedemikian rupa sehingga satu sama lain dapat berhubungan dan ketergantungan, yang membentuk suatu unit computer.

     Teleprinter ini terdiri dari Card-card yang berisi IC (Integrated Circuit) yang sering disebut micro chip, keyboard, VDU/CRT/Screen, disk drive, printer, dan ditambahkan ATS card agar dapat berkomunikasi secara current loop, tetapi jika tidak menggunaka ATS Intelligen teleprinter hanya dapat berkomunikasi secara serial (RS232),  secara diagram block AFTN Teleprinter dapat digambarkan sebagai berikut.

Unit Hardware.
a.   Central Processing Unit (CPU).
CPU merupakan pusat pengolahan data dan pusat pengontrolan seluruh operasi hardware dari computer. CPU terdiri dari beberapa bagian yang saling berkerja sama dan ketergantungan antara unit satu dengan lainya. Satuan kecepatan CPU memproses data adalah MIPS (Millions Instruction Per Second), yaitu jutaan intruksi dapat dikerjakan oleh computer dalam setiap detiknya.
Didalam CPU terdapat beberapa komponen yang sudah dibebani tugas sesuai dengan kemampuan atau fungsinya masing-masing. Komponen-komponen ini antara lain, seperti Control Unit, ALU (Arithmatic and Logical Unit) dan Internal Memory. Atara komponen yang satu dengan yang lain saling berhubungan dan saling berkerja sama untuk mengolah data sehingga menjadi satu output (keluaran), dan jika digambarkan diagram block CPU sebagai berikut.

Blog diagram CPU

-  Control Unit.
Merupakan salah satu unit CPU yang bertugas mengontrol (melakukan supervise) terhadap operasi komputer secara keseluruhan. Salah satu tugasnya yaitu mengambil instruksi (program) dari internal storage, menganalisa intruksi, mengontrol intruksi ke bagian-bagian lain, dan menyimpan hasil ke internal storage.
-  Arithmatic and Logical Unit (ALU).
Tugas bagian ini antara lain untuk operasi-operasi arithmetic (arithmetic operations), operasi-operasi logika (logic operation), serta manipulasi bit (bit manipulation seperti pencarian record, penyisipan, dan sebagainya).
-  Internal Storage.
Memory yang digunakan untuk menyimpan program dan data yang sedang diolah ataupun diproses oleh computer.

Secara garis besar arus proses dari CPU, pertama seluruh instruksi-instruksi (program) dan data dibaca dari media rekaman lalu disimpan dalam internal storage, lalu secara baris-perbaris, instruksi perinstruksi, control unit mengambil (membaca) dari internal storage kemudian menganalisa (kebenaran instruksi), kemudian melaksanakan, dan terahir menyimpan hasilnya. Waktu melaksanakan instruksi,  misalnya proses aritmatika
A = 10 * 7 / (4+12)
Mamaka control unit menyerahkan proses tersebut dan mengirim ke ALU, contoh lain misalnya
 IF A > 5 THEN ….

Control unit juga menyerahkan proses ini dan mengirim ke ALU untuk dilaksanakan. Setelah itu hasilnya akan dikembalikan lagi oleh ALU ke control unit, dan hasilnya akan disimpan oleh control unit di internal storage. Jika hasil tadi dibutuhkan maka control unit akan mengambilnya lagi. Jika hasil atau suatu perintah dari program meminta untuk mencetak baik pada layar monitor atau printer, maka control unit pula yang akan mengirimkanya, jadi control unit sangat berperan dalam suatu pengolahan data, walaupun demikian kita tidak dapat mengesampingkan tugas internal storage dan ALU. Maka secara sekematik arus kerja CPU dapat dilihat pada gambar berikut.
Diagram Block Arus kerja CPU

b.  Input Output Unit (I/O Unit).
Input Output Unit adalah devices yang merupakan komponen hardware yang lazim disebut dengan Peripheral Equipment. Input output Unit merupakan peralatan yang digunakan untuk menghubungkan CPU dengan media I/O (media perekaman seperti diskette, pita magnit, kartu berlubang dan sebagainya.

diagram blok input/output unit

Input Output Unit dibagi tiga jenis yaitu :
1.     Input Unit.
2.     Output Unit.
3.     I/O Unit.

-  Input Unit.
Input unit adalah peralatan (device) yang menghubungkan media input dengan CPU, dan berfungsi untuk membaca, mentransfer dan mengirim data dari media input ke CPU, salah satunya yang termasuk input unit adalah keyboard.

-  Output Unit.
Output Unit adalah suatu device yang menghubungkan CPU dengan media output, yang berfungsi untuk mengirim, mentransfer dan menulis data yang telah diolah oleh CPU ke media output, Yang termasuk dalam output unit adalah :
a.     Display Unit (layar monitor).
b.     Printer.

-  Input/Output Unit.
Input/output unit adalah device yang berfungsi ganda, baik sebagai input unit maupun Output Unit sehingga input/output unit dapat membaca dan menulis (read/write) pada media input output unit, yang termasuk dalam input output unit adalah :
a.     Magnetic Disk Unit.
b.     Magnetic Tape Unit.
c.      Cassette Unit.

1 comment: