Kali ini saya akan membahas bagian dari komunikasi radio penerbangan tetap atau Aeronautical Fixed Service (AFS). pertama saya akan memberikan penjelasan tentang Aeronautical Fixed Telecommunication Network (AFTN), semoga bahan ini bermanfaat bagi pembaca semua. trima kasih
Pengertian AFTN
Aeronautical Fixed Telecommunication Network (AFTN) adalah suatu sistem internasional jaringan tetap penerbangan yang disediakan, sebagai bagian dari layanan tetap penerbangan,untuk pertukaran pesan dan /atau data digital antar stasiun tetap penerbangan dan memiliki karakteristik yang sama dan yang kompatibel.
Jenis berita AFTN
Ada 7 jenis berita (message) yang berlaku pada sistem AMSC yaitu:
- Normal Message
- Service message
- Outstation message
- Priodic message
- Test message
- Anknowledgement message
- duplicated message
yaitu berita dari pemakai yang harus disalurkan ke alamat tujuannya. terdapat dua macam format berita, yaitu ITA-2 dan IA-5
2. Service Message
yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem AMSC dikarenakan kesalahan yang terdeteksi oleh sistem dari suatu berita yang masuk. service message ini akan dikirimkan ke stasiun pengirim dan ke posisi supervision & correction terminal.
3. Outstation Command
yaitu berita yang dialamatkan ke sistem dan berisi perintah yang akan dilaksanakan oleh sistem secara otomatis.
4. Priodic Message
yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem amsc secara priodik. jenis berita ini terdiri atas 2 macam yaitu Channel Continuity check dan Midnight check.
Channel Check untuk menjamin bahwa saluran tetap terhubung baik (tidak putus), maka stasiun luar akan menerima sebuah "channel Continuity Check Message" dengan standar interval tertentu.
"Channel Check Message" dapat aktif dan di-non-aktifkan dengan instruksi (supervisory command)
Midnight Check setiap stasiun luar akan menerima "Number Comparison Message" pada jam 00:00 UTC.
nomor urut berita dari berita yang terakhir dikirim ke stasiun tersebut dan nomor urut berita dari berita yang terakhir diterima dari stasiun tersebut, bersama-sama dengan tambahan informasi statistik akan ditampilkan.
5. Test Message
yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem AMSC untuk tujuan test pada suatu saluran yang dikehendaki.
6. Acknowledgement Message
Seluruh sinyal Anknowledgement yang dibangkitkan oleh sistem akan dicetak pada saluran "Reject Intercept Position"
ada dua macam sinyal Anknowledgement yang dihasilkan yaitu :
- SS Message Acknowledgement
- Out Station Command Acknowledgement
Pada saat sistem melaksanakan instruksi retrieval dan mengirimkan berita-berita yang diminta, maka secara otomatis sistem akan meng-copy-nya pada "Reject Intercept Position/Correction"
Format Berita AFTN
pada sistem AMSC terdapat dua format berita yang tersedia sesuai dalam peraturan ICAO annex 10 volume II yaitu
1. Format Berita - International Telegraph Alphabet No.2 (ITA-2)
Heading
a) start of message signal, the character ZCZC
b) Transmission Identification comprising;
- circuit identification
- Channel seuence number
c) additional service information (if necessary)
- one SPACE
- no more then ten character
- spacing signal
Address
a) alligment function [<=]
b) priority indicator
c) addressee indicator(s)
d) alligment function [<=]
Priority
message category indicator
distress messages.........................SS
urgency messages.........................DD
flight safety messages....................FF
meteorological messages...............GG
flight regularity messages...............GG
aeronautical information services messages.....................GG
aeronautical administrative messages..............................KK
service messages..........................(as appropriate)
Origin
a) filing time
b) originator indicator
c) priority alarm (when necessary)
d) optional heading field
e) alligment function [<=]
Text
Ending
a) the page-feed seuence consisting of 7 line feeds [=======]
b) the end of message signal, consisting of the letter N, appearing FOUR times in undivided suuence.
NNNN
2. Format berita - International Alphabet No.5 (IA-5)
Heading
a) start of heading (SOH) character 0/1
b) Transmission Identification comprising;
- circuit identification
- Channel seuence number
c) additional service information (if necessary)
- one SPACE
- no more then ten character
Address
a) alligment function [<=]
b) priority indicator
c) addressee indicator(s)
d) alligment function [<=]
Priority
message category indicator
distress messages.........................SS
urgency messages.........................DD
flight safety messages....................FF
meteorological messages...............GG
flight regularity messages...............GG
aeronautical information services messages.....................GG
aeronautical administrative messages..............................KK
service messages..........................(as appropriate)
Origin
a) filing time
b) originator indicator
c) priority alarm (when necessary)
d) optional headinginformation
e) alligment function [<=]
f) start of text character, character 0/2 (STX)
Text
the text of messages shall be drafted in accordance with material permitted in AFS message and shall consist of all data between STX and ETX.
Ending
a) an alligment function following the last line of text
b) page feed character, character 0/11 (VT)vertical tape
c) end of text character 0/3 (ETX)
No comments:
Post a Comment