Pengertian Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah.
Angin permukaan : Keseimbangan dari 3 gaya
• Pada lapisan batas (boundary layer : ~1 km) sangat diperngaruhi gaya gesek
• Arah gaya gesek berlawanan dengan arah kecepatan angin -> gaya gesek mengurangi kecepatan angin
• Angin mulai bertiup disepanjang isobar ke arah daerah tekanan rendah
• Sudut antara arah angin dan isobar sekitar 30 derajat (hukum Buys-Ballot). Juga ditentukan oleh bentuk topografi
Hukum Buys-Ballot• Pada lapisan batas (boundary layer : ~1 km) sangat diperngaruhi gaya gesek
• Arah gaya gesek berlawanan dengan arah kecepatan angin -> gaya gesek mengurangi kecepatan angin
• Angin mulai bertiup disepanjang isobar ke arah daerah tekanan rendah
• Sudut antara arah angin dan isobar sekitar 30 derajat (hukum Buys-Ballot). Juga ditentukan oleh bentuk topografi
“ Hadapkan punggungmu pada arah datangnya angin, berbeloklah 30 derajat searah jarum jam. Pusat tekanan rendah berada pada arah tangan kirimu ”
Gerakan vertikal udara : Konvergensi dan divergensi
Di dekat pusat tekanan rendah udara permukaan terdapat konvergensi udara --> udara diangkat dan terjadi divergensi dilapisan atas. Dan begitu sebaliknya di sekitar pusat tekanan tinggi
Keseimbangan Hidrostatik
• Yaitu gaya gravitasi yang diseimbangkan oleh gaya gradien tekanan
• Perbedaan kecil dari keseimbangan hidrostatic menyebabkan
gerakan vertikal angin (kecepatannya sekitar beberapa cm/s)
• Yaitu gaya gravitasi yang diseimbangkan oleh gaya gradien tekanan
• Perbedaan kecil dari keseimbangan hidrostatic menyebabkan
gerakan vertikal angin (kecepatannya sekitar beberapa cm/s)
Skala Gerakan
• Skala Mikro : Eddie waktu skala pendek, terbentuk akibat halangan/rintangan
• Skala Meso : ~ sd 100 km, waktunya sekitar menit sd jam-jaman --> angin2 lokal, thunderstorm, tornado, badai tropis skala kecil, dll
• Skala sinoptik : ribuan km, waktunya beberapa hari sd mingguan
• Skala Planetary (Global)
• Skala Makro : skala sinoptik + skala planetary
• Skala Mikro : Eddie waktu skala pendek, terbentuk akibat halangan/rintangan
• Skala Meso : ~ sd 100 km, waktunya sekitar menit sd jam-jaman --> angin2 lokal, thunderstorm, tornado, badai tropis skala kecil, dll
• Skala sinoptik : ribuan km, waktunya beberapa hari sd mingguan
• Skala Planetary (Global)
• Skala Makro : skala sinoptik + skala planetary
Gesekan dan turbulensi
• Gaya gesekan yang bekerja terhadap aliran udara dapat menyebabkan turbulensi
• Mekanisme turbulensi : gerakan eddy terjadi akibat adanya rintangan/halangan aliran udara
• Angin gusty : angin dengan kecepatan tinggi dan terjadi pada permukaan yang kasar dan berbukit
• Turbulensi thermal : terjadi akibat pemanasan
- lapse rate yang curam
- atmosfer tidak stabil)
• Gaya gesekan yang bekerja terhadap aliran udara dapat menyebabkan turbulensi
• Mekanisme turbulensi : gerakan eddy terjadi akibat adanya rintangan/halangan aliran udara
• Angin gusty : angin dengan kecepatan tinggi dan terjadi pada permukaan yang kasar dan berbukit
• Turbulensi thermal : terjadi akibat pemanasan
- lapse rate yang curam
- atmosfer tidak stabil)
Eddies
• Ukuran dan bentuk eddies tergantung dari ukuran dan bentuk dari rintangan dan kecepatan angin
• Eddies angin turun (downwind) dari pegunungan
♦ Roll eddies (rotors)
♦ Mountain wave eddy
• Ukuran dan bentuk eddies tergantung dari ukuran dan bentuk dari rintangan dan kecepatan angin
• Eddies angin turun (downwind) dari pegunungan
♦ Roll eddies (rotors)
♦ Mountain wave eddy
Gaya yang diakibatkan angin
• Crosswind yang kuat menciptakan kondisi lalu lintas yang membahayakan
• Di sekitar perbukitan yang sejajar dengan jalan
• Pada jembatan yang berada pada posisi terbuka dan letaknya cukup tinggi
• Pada umumnya berbahya terhadap kendaraan yang berbody tinggi
• Crosswind yang kuat menciptakan kondisi lalu lintas yang membahayakan
• Di sekitar perbukitan yang sejajar dengan jalan
• Pada jembatan yang berada pada posisi terbuka dan letaknya cukup tinggi
• Pada umumnya berbahya terhadap kendaraan yang berbody tinggi