Thursday, February 13, 2014

Pengertian Turbocharger

Turbocharger adalah suatu komponen pada mesin diesel yang berfungsi untuk menyuplai udara dengan kepadatan yang melebihi kepadatan udara atmosfer kedalam ruang silinder untuk ditekan pada langkah kompresi, sehingga daya motor meningkat.

pemakaian turbocharger sangat efisien, dimana energi yang digunakan untuk menggerakkan kompressor yang akan mengisap udara masuk kedalam ruang bakar adalah berasal dari energi gas buang yang digunakan untuk menggerakkan turbin.

tujuan penggunaan turbocharger adalah untuk meningkatkan kapasitas udara yang dimasukkan kedalam ruang silinder, dengan meningkatnya udara maka akan banyak bahan bakar yang terbakar, yang menyebabkan meningkatnya daya keluaran dari mesin yang diberikan volume langkah dari silinder. karena banyak bahan bakar untuk mencapai peningkatan daya maka efesiensi siklus mesin tidak berubah.

komponen yang sangat penting dari turbocharger adalah turbin, kompressor, poros, bantalan dan rumahnya. keuntungan dari turbocharger dibandingkan dengan mechanical supercharger adalah bahwa daya yang dibutuhkan untuk menggerakkan kompressor diambil dari energi gas buang, sedangkan mechanical supercharger yaitu dengan daya yang diambil dari mesin itu sendiri, sehingga akan terjadi kerugian daya pada mesin itu sendiri.

jika energi yang cukup diambil dari gas buang, dan diubah menjadi kerja kompressor maka proses kompresi yang mengakibatkan terjadinya peningkatan temperatur dan tekanan, karena tujuannya untuk meningkatkan kapasitas udara, maka pemakaian pendingin udara yang sering digunakan untuk mendinginkan udara, sehingga tekanan dari udara akan meningkat dapat tercapai dengan meningkatnya kapasitas udara.

bertujuan untuk menaikkan daya mesin, yang perpindahan atau langkah torak dan kecepatan telah ditentukan. dalam mesin diesel daya dibangkitkan oleh pembakaran bahan bakar, dan untuk menaikkan daya mesin, bahan bakar harus dibakar lebih banyak sehingga  udara harus lebih banyak tersedia.maka dengan pengisian lanjut didapat nsuatu tekanan yang lebih tinggi pada awal langkah kompresi. untuk menaikkan tekanan udara pada mesin, proses pengisian udara kedalam ruang bakar tidak dihisap kedalam silinder atau tidak dimasukkan dengan pengisapan alamiah oleh torak yang mundur, tetapi didorong masuk dengan tekanan lebih tinggi yang dihasilkan oleh kompresor/blower.

bersamaan dengan meningkatnya tekanan efektif rata-rata, pengisian lanjut juga menaikkan tekanan penyalaan maksimum dan suhu maksimum. sebaliknya, penggunaan bahan bakar berkurang dengan pengisian lanjut, hal ini dikarenakan kenaikan turbulensi udara, pengadukan yang lebih baik antara bahan bakar dan udara pengisian , sehingga pembakaran bahan bakar lebih sempurna. dan juga karena efesiensi mekanis dari mesin meningkat karena kenyataan bahwa keluarannya lebih besar dari pada kerugian mekanisnya.

No comments:

Post a Comment