Thursday, May 30, 2013

materi VHF-ER

Very High Frequency-Extended Range
(VHF-ER)

    Pelayanan komunikasi dalam penerbangan sangat berperan penting terhadap lalu lintas penerbangan yang teraturefisien dan ekonomis, dimana peran komunikasi ini terkait hubungan operator didarat dengan pilot yang terbang dari satu lokasi ke lokasi tujuannya. untuk itu digunakanlah sebuah peralatan komunikasi yang dapat menjangkau area terbang sang pilot.
    peralatan komunikasi antara pilot dengan petugas controller menggunakan VHF-A/G yang mana pada unit ADC/APP/ACC melakukan pengontrolan pergerakan pesawat sesuai dengan bagian masing-masing. karena keterbatasan jangkauan pancaran dari VHF-A/G ini sehingga pada daerah-daerah tertentu yang menjadi kawasan pengontrolan tidak dapat tercover sehingga dipasanglah VHF-ER ini.
    Antena VHF yang sangat tinggi ditempatkan didaerah pegunungan atau didaerah dataran tinggi, selanjutnya dibangun stasiun radio untuk penempatan peralatan dimaksud sehingga dapat menjangkau daerah yang sangat luas sesuai kebutuhan pelayanan penerbangan (ACC-area). power dari peralatan ini sebesar 100 watt - 200 watt tergantung kebutuhan area jangkauan yang dikehendaki, letak geografis penempatan alat tersebut terkait seberapa jauh pancaran yang diharapkan.untuk transmisi VHF-ER ke stasiun Center ini sendiri menggunakan V-SAT.

Antena VHF-ER




     sebenarnya fungsi VHF-ER ini adalah memperkuat sinyal dari peralatan utama yang mana peralatan utama ditempatkan di bandara yang bertanggung jawab terhadap pelayanan lalu lintas udara misalkan Bandar Udara Sultan Hasanuddin makassar sebagai center di bagian timur sedangkan Bandar Udara Soekarno Hatta jakarta sebagai center bagian barat. sedangkan untuk VHF-ER sendiri yang ada di indonesia ditempatka didaerah-daerah seperti Gunung Linten Aceh, Pekan Baru, Sidikalang, Sibiru-biru, Pangkal Pinang, Palembang, Tanjung Pandan, Tangkuban Perahu, Pangandaran, Jangli Semarang, Gedangan Surabaya, Kintamani Bali, Pontianak, Banjarmasin, Pangkalan Bun, Tarakan, Muara teweh, Balikpapan, Palu, Malino,Bukit Kendari, Waingapu, Kupang, Makauwembeng Manado, Gunung Nona Ambon, Sorong, Saumlaki, Biak, Timika, Merauke, Bontang, Galela, Jayapura.



Jangkauan Fasilitas VHF-ER di Indonesia
jangkauan VHF-ER pada Upper Control Area (UTA) dari FL245 sampai FL460




No comments:

Post a Comment