Aviation Knowladge merupakan pengetahuan tentang penerbangan yang meliputi kebandarudaraan, pelayanan lalu lintas penerbangan dan tentang pesawat terbang. perlu kita pelajari sebagai pelaku langsung di sebuah kawasan Bandar Udara karena sangat penting sebagai bekal diri sehingga nantinya akan sangat membantu kerja anda di lapangan. untuk awal kita akan membahas masalah kebandar udaraan.
adalah lapangan terbang yang digunakan untuk lepas landas atau mendarat pesawat udara, menaikkan atau menurunkan penumpang dan memuat atau membongkar kargo atau pos, serta dilengkapi dengan fasilitas keselamatan penerbangan dan sebagai tempat perpindahan antar moda transportasi.
Bagian-bagian Bandar Udara
a. Land Side (sisi darat) terdiri dari Airport access (jalan bandar udara), parking lot (taman parkir), terminal building (gedung terminal), depo bahan bakar.
b. Airside (sisi udara) terdiri dari Runway, taxiway, apron.
c. Airspace
Fungsi terminal building
- Pertukaran moda (perjalanan melalui darat dilanjutkan melalui udara, bergerak melalui gedung terminal (kawasan sirkulasi penumpang)
- Pengurusan penyelesaian penumpang (ticketing, checkin, pemeriksaan penumpang, bagasi dsb/passanger processing zone)
- domestic Terminal Building
- International Terminal Building (Custom(bea cukai), Immigration (imigrasi), Quarantine (karantina)).
adalah suatu daerah (daratan) didalam kawasan bandar udara berbentuk persegi panjang yang dipersiapkan untuk pendaratan (landing) dan tinggal landas (takeoff) pesawat udara.
Type Runway
a. Single Runway
b. Parallel Runway
c. Intersection Runway
Syarat Agar Runway Dapat Efektif
a. Arahnya ssuai dengan arah angin rata-rata
b. Panjang dan kekuatan sesuai dengan jenis pesawat
c. bersih dari rintangan (obstacle)
d. sesuai dengan kondisi lokal terkait elevasi, suhuudara rata-rata, kemiringan daratan(slope), karakteristik permukaan.
d. sesuai dengan kondisi lokal terkait elevasi, suhuudara rata-rata, kemiringan daratan(slope), karakteristik permukaan.
Dalam hal penentuan panjang landasan, ada beberapa aspek yang sangat penting diperhatikan antara lain karakteristik kinerja (performance) dari pesawat udara yang akan melakukan kegiatan di bandara tersebut. MTOW dan MLW dari pesawat tersebut, elevasi bandar udara, suhu rata-rata bandar udara dan sudut kemiringan (slope) dari landasan. berbeda dengan penentuan penggunaan dari runway itu berdasar dari type/karakteristik pesawat, kondisi traffic yang ada dan berlawanan dengan arah angin.
TAXIWAY
adalah jalan yang menghubungkan bagian bandar udara yang lain (seperti apron, taxi lain) dengan runway.
macam taxiway
- Exit Taxiway
- Parallel Taxiway
- Apron Taxiway
- Cross Taxiway
Fasilitas Bandar Udara
A. Fasilitas Telekomunikasi
- Radio Komunikasi (VHF/HF)
- SSB, telepon, lease Channel, dsb)
B. Fasilitas Navigasi
- NDB (Non Directional Beacon)
- VOR/DME
- GPS (global Position System)
C. Fasilitas Surveilance
- Radar
- ADS
D. Fasilitas Pendaratan
- VASI (Visual Approach Slope Indicator)
- PAPI (Precision Approach Path Indicator)
- ILS (Instrument Landing System)
- Approach Light
E. Fasilitas Penunjang Lainnya
- Bangunan Operational
- Bangunan Kantor Administrasi
- Fasilitas PKPPK
- Fasilitas Pengisian Bahan Bakar (DPPU-Pertamina)
- Unit Pengamanan Bandara/Pergudangan
thankz infox sangat berharaga bagi saya
ReplyDelete